Mewujudkan Swasembada Pangan, Wali Kota Bekasi Membentuk Kampung Hidroponik

Bekasi, 14 Agustus 2019.

Hidroponik adalah Budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada Hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok untuk diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Pesatnya pembangunan berdampak pada lahan bercocok tanam yang semakin berkurang, untuk itu Pemerintah  Kota Bekasi Pada Dinas Pertaninan dan Perikanan (Distanikan) mengembangkan konsep Hidroponik. Dengan menggunakan hidroponik, Masyarakat akan dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi tanaman yang dapat dilakukan dengan menggunakan lahan sempit diperkotaan dengan media rumah seperti kaca,pipa,paralon dan pot.

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi meresmikan Kampung Hidroponik yang tersebar di 56 Kelurahan, maka Diskominfostandi Kota Bekasi juga ikut berperan serta Mempersiapkan aplikasi Khusus yang digunakan sebagai Saluran Telekomunikasi Video Jarak Jauh (Telecoference) antar Kelurahan yang ada di Kota Bekasi. telecoference ini dibuat untuk menayangkan Kegiatan Launching Kampung Hidroponik di masing-masing kelurahan yang ada di Kota bekasi secara serempak.

Kampung Hidroponik bertujuan untuk menjadikan diri sebagai kampung hijau yang berwawasan pertanian, yang mempunyai lingkungan lebih asri dan dapat bercocok tanam di lingkungan yang sempit, hingga menambah penghasilan masyarakat dan kebutuhan pangan secara mandiri.

Kegiatan Kampung Hidroponik bisa dilakukan oleh Kelompok sebagai kumpulan individu yang mempunyai tujuan yang sama, baik kelompok yang baru atau pengembangan dari pelaku hidroponik yang sudah ada. adaoun manfaat yang didapat dalam melakukan menanam dengan cara hidroponik sebagai berikut :

tanaman lebih tahan dan kuat terhadap hama dan penyakit. produksi tanaman jauh lebih tinggi . tanaman lebih cepat tumbuh dan berkembang. pemupukan yang digunakan lebih efektif dan efisien. tanaman memberikan hasil yang kontinyu, lebih mudah dalam perawatan dan juga tidak membutuhkan tenaga yang lebih besar. dapat dilakukan di tempat yang luas dan terbatas. tanaman dapat tumbuh dengan baik meskipun tidak semestinya di tanam. semoga dengan bercocok tanam pada teknik hidroponik ini berharap dapat tercipta semangat gotong royong antar warga masyarakat Kota Bekasi.

.

... penulis deby kategori Populer

Kota Bekasi

Social Links