Lokasi PROKLIM Kota Bekasi Tahun 2016 Di Verifikasi

Bekasi, 26 September 2016 bertempat di RW. 20 Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur yang merupakan lokasi usulan PROKLIM (Program Kampung Iklim) di Kota Bekasi Tahun 2016

Lingkungan RW. 20 Margahayu merupakan wilayah yang sudah adaptif untuk mengantisipasi terhadap terjadinya perubahan iklim, kegiatan-kegiatan yang ada di wilayah RW. 20 antara lain pembuatan pupuk kompos yang bahan bakunya menggunakan sampah organik, bank sampah yang merupakan wadah untuk mengelola sampah anorganik yang masih memiliki nilai ekonomis, serta budidaya tanaman hias dan budidaya ikan.

Dilingkungan PROKLIM ini juga sudah menggunakan lampu yang bertenaga surya sehingga sudah hemat energy listrik karena menggunakan sinar matahari sebagai energy nya, selain itu juga sudah memiliki pemanean air hujan, serta instalasi pengolahan air limbah domestik.

Pemanenan air hujan merupakan upaya memanfaatkan air hujan yang berasal dari atap suatu bangunan kemudian ditampung kedalam tempat penampungan, kemudian bila terjadi over flow pada tempat penampungan maka air akan dialirkan ke sumur resapan.

Adapun pengolahan air limbah domestik merupakan bentuk pemanfaatan air limbah yang berasal dari rumah-rumah warga yang diolah kedalam STP (sewage treatment plant) kemudian air hasil pengolahan limbah domestik tersebut digunakan untuk penyiraman tanaman yang ada di wilayah PROKLIM RW.20 ini.

Pada hari ini pula lokasi PROKLIM RW. 20 Margahayu di verifikasi oleh Tim dari BPLHD Provinsi Jawa Barat, semoga pada tahun ini tropy PROKLIM UTAMA dapat diraih untuk Bekasi Maju Sejahtera dan Ihsan.

 

.

... penulis bplh kategori Agenda Kegiatan

Kota Bekasi

Social Links