DLH Provinsi Jabar Dan DLH Kota Bekasi Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan

KOTABEKASI- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengadakan kegiatan Sosialisasi Desa/ Kelurahan Berbudaya Lingkungan (ECOVILLAGE). Hadir pada kegiatan tersebut Ir.Hj.  Dewi Nurhayati, M.Si, Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Ferdinan, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Emiwati, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Bekasi Timur, Ketua Gerakan Peduli Lingkungan Kota Bekasi, Ketua Rumah Sopan Kota Bekasi, Ketua Bank Sampah Induk Kota Bekasi, Koordinator Proklim Margahayu RW 20 Kota Bekasi dan para tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Ir.Hj.  Dewi Nurhayati, M.Si, Kepala Bidang Konservasi Lingkungan dan Pengendalian Perubahan Iklim Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat mengatakan kegiatan pengembangan ECOVILLAGE ( Kampung/Desa/Kelurahan berbudaya lingkungan) merupakan suatu kegiatan berbasis masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup, kegiatan ini juga melibatkan seluruh stakeholder yang memiliki tujuan untuk membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan.

| Dengan terus bertambah nya kemajuan industri, kota-kota yang kian padat karena maraknya pembangunan, maka dengan kegiatan pada hari ini diharapkan seluruh stakeholder dapat menjadi agen-agen penjaga kelestarian lingkungan, dengan membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan,| paparnya.

Lanjutnya, dengan diadakan sosialisasi ditengah masyarakat kedepannya dapat terwujudnya Kampung/Desa/Kelurahan Berbudaya lingkungan secara partisipatif dan mandiri, yang sangat diharapkan berdampak pada pelestarian lingkungan khususnya kualitas daerah aliran sungai.

| Saat ini kalau kita lihat kualitas air di daerah perkotaan, apalagi kota yang berkembang bisa dibilang sudah mulai menurun kualitasnya, yang disebabkan karena limbah industri, limbah rumahtangga dan lainnya, nah ini memiliki potensi tinggi mencemari DAS, dengan adanya sosialisasi pada hari ini dimasyarakat kedepannya dapat terwujud Kampung/Desa/Kelurahan yang memiliki budaya lingkungan secara partisipatif dan mandiri yang berdampak pada kelestarian lingkungan khususnya meningkatkan kualitas DAS,| kata Dewi Nurhayati.

Sementara ditempat yang sama Ferdinan, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi mengatakan indikator ECOVILLAGE adalah Kampung/Desa/Kelurahan dimana masyarakat nya telah memiliki kesadaran dalam pengelolaan lingkungan, terlihat dengan adanya peran berbagai pihak dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah, sanitasi, pengelolaan limbah, pengelolaan tanah, penanaman pohon, pemeliharaan sumber air, ekonomi lokal, sekolah berbudaya lingkungan, dan pelestarian kearifan lokal.

| Ada beberapa indikator ECOVILLAGE yakni masyarkat kita telah memiliki kesadaran dalam pengelolaan lingkungan, terlihat dengan adanya peran berbagai pihak dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengelolaan sampah, sanitasi, pengelolaan limbah, pengelolaan tanah, penanaman pohon, pemeliharaan sumber air, ekonomi lokal, sekolah berbudaya lingkungan, dan pelestarian kearifan lokal,| tutupnya.

.

... penulis deby kategori Populer

Kota Bekasi

Social Links