Sosialisasi Percepatan Gerakan Citarum Bestari

Bekasi, 31 Agustus 2016, BPLH Kota Bekasi dalam rangka memenuhi Surat Undangan Gubernur Jawa Barat menghadiri sosialisasi percepatan Citarum BESTARI (Bersih, Sehat, Indah, Lestari).

Pencanangan Citarum Bestari ini selain dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Aher dan Wakilnya Deddy Mizwar, juga dihadiri Pangdam III Siliwangi Mayjen Hadi Prasojo, Bupati Bandung Dadang Naser, dan Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarna.

Menurut Gubernur Jawa Barat gerakan Bebersih Citarum ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan sampah dan limbah saja. “Yang paling penting itu menumbuhkan kesadaran dan perilaku masyarakat untuk tidak membuang sampah, limbah, kotoran hewan, manusia ke sungai juga mewujudkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan memelihara sungai Citarum yang saat ini sedang ‘sakit’,” ucapnya Aher.

Pembahasan perlu dengan penekanan terhadap penegakkan hukum terhadap industri sumber pencemaran. Pesan dari sosialisasi mewajibkan masing-masing Institusi/ FKPD berkomitmen untuk mendukung penegakan hukum serta diminta agar Kepala Daerah (KDH) mendukung perwujudan program Citarum BESTARI.

Dukungan dari pihak Pangdam III/Siliwangi juga ditunjukkan melalui penempatan personil mereka di titik-titik tertentu sekitar Citarum. “Jadi di semua sungai itu akan saya tempatkan satu perwira, nah perwira ini nanti akan merencanakan, mengatur berapa banyak jumlah personil yang perlu diturunkan, berapapun jumlah personilnya akan kita turunkan, ini sebagai bentuk tanggung jawab Kodam III/ Siliwangi kepada masyarakat Jawa Barat,” ujar Pangdam III Siliwangi.

.

... penulis bplh kategori Agenda Kegiatan

Kota Bekasi

Social Links