Verifikasi Lapangan Polres Bekasi Pasang Garis Polisi Di PT. Millenium Laundry

Bekasi, 17 Januari 2018, Kepolisian Resort Kota Bekasi melakukan olah TKP menindaklanjuti surat dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi terkait pelanggaran pengelolaan lingkungan hidup oleh PT. Millenium Laundry (PT.ML) di Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi.

Latar belakang hal ini merupakan laporan warga Bojong Kulur yang melihat langsung asap hitam dari cerobong boiler PT.ML dan kemudian Perusahaan yang dalam proses pengawasan oleh Dinas lingkungan Hidup Kota Bekasi ini dilakukan verifikasi lapangan dengan dihadiri langsung oleh Kapolres Metro Bekasi Kota, Kanit. Krimsus Polres Bekasi Kota, Kapolsek Bantargebang dan Tim Puslabfor Polres Bekasi mendampingi Instansi Penegak Hukum Dinas Lingkungan Hidup menjelaskan kronologis dan teknis pelanggaran pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh PT.ML.

Beberapa hal terkait temuan dalam verifikasi lapangan tersebut diantaranya PT. ML telah melakukan kegiatan laundri, hal ini terindikasi dari beroperasinya mesin boiler yg menghasilkan asap emisi, serta berdasarkan pengakuan karyawan. Namun karyawan beralasan bahwa kegiatan dimaksud hanya sebatas trial saja, Limbah cair yg dihasilkan PT.ML pada saat trial ditampung dalam bak IPAL, Berdasarkan pengamatan, pada PT.ML tidak ada aktivitas pembuangan limbah cair ke media lingkungan, hal ini dapat tersimpulkan dari kondisi bak outlet yg belum memiliki lubang outlet pembuangan, Terindikasi bak pertama PT.ML berisi air limbah yang berasal dari bak penampungan yg lama serta dari air limbah proses trial, Bahwa terdapat air pada bak akhir/ outlet PT.ML, namun diduga air dimaksud hanya genangan air hujan, UPTD Lab, telah melakukan sampling PT.ML pada bak pertama sebagai inlet dan bak akhir sebagai outlet untuk dilakukan analisa.

Berdasarkan hal tersebut maka akan Pihak Kepolisian akan melakukan Penyidikan terkait pelanggaran pengelolaan lingkungan hidup oleh PT. Millenium Laundry.

.

... penulis sigit kategori Agenda Kegiatan

Kota Bekasi

Social Links