Pembahasan Incenerator Limbah B3 Kota Bekasi

Bekasi, 23 Agustus 2016 Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Bekasi turut serta mengikuti Rapat Pembahasan Draft Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Bekasi dengan PT. Multihanna Kreasindo (MHK) terkait Incenerator Limbah Bahan Berbahaya Beracun (LB3).

Pembahasan permasalahan Incenerator Limbah Bahan Berbahaya Beracun (LB3) ini menghadirkan Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Bekasi, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Berkasi, Bagian Kerjasama dan Investasi (KSI) Sekretariat Daerah Kota Bekasi dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Bekasi.

Incinerator berfungsi untuk mengurangi volume sampah dan membunuh bakteri sampah, sedangkan untuk limbah terutama limbah B3 yaitu untuk mengurangi sifat-sifat yang berbahaya seperti racun dan radiasi,

Incinerator yang dirancang baik, mampu menghancurkan kandungan organik yang berbahaya dari limbah B3. Sebaliknya, perancangan dan pengoperasian incinerator yang tidak sempurna akan membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan, melalui emisi gas beracun dan pencemar lain ke atmosfer.

Keuntungan dari Incinerator dalam mengurangi volume sampah atau limbah yaitu minimnya pengguanaan lahan, efisien, tidak terpengaruh iklim, dapat menghilangkan bahan-bahan organik dan bebas dari gangguan kesehatan lingkungan, panas (kalor) dapat dijadikan sumber arus listrik, uap dapat mengeringkan lumpur pada penggolongan limbah (sludge). Namun, incinerator juga memiliki kekurangan yaitu modal awal yang cukup besar, biaya operasional cukup tinggi, masih memerlukan langkah-langkah lanjutan pada akhir proses (abu dan sisa pembakaran) di buang ke lahan lain, belum dapat membakar bahan material.

Pembahasan dilaksanakan terkait kerjasama dan investasi pihak swasta yang dalam hal ini PT. Multihanna Kreasindo (MHK) dalam mengelola Incenerator Limbah Bahan Berbahaya Beracun (LB3) sebagai tempat terakhir pembuangan sampah B3 di Kota Bekasi, proses teknis pengelolaan pelaksanaan pekerjaan sedang disusun sejalan dengan Legal Drafting yang akan dibuat oleh Pemerintah Kota Bekasi.

.

... penulis bplh kategori Agenda Kegiatan

Kota Bekasi

Social Links